Out Of The Box

Ini sebuah cerita kecil dibalik kesuksesan Columbus yang menemukan benua amerika. Columbus setelah penemuan yang fenomenal itu menjadi sangat terkenal dan diagung-agungkan oleh raja dan seluruh rakyat. Columbus pun diangkat menjadi bangsawan kehormatan kerajaan. Kepopuleran ini membuat beberapa orang iri kepadanya.

Pada suatu hari Columbus menagdakan perjamuan makan. Dalam perjamuan makan itu dia menceritakan semua kisah yang dihadapi dalam pencarian benua baru tersebut. Semua tamu undangan terpukau dan dan mengakui kehebatan sang penemu benua baru tersebut. Namun beberapa orang yang iri dengan sinis berkata, ” Apa hebatnya dia? dia cuma berlayar dan kebetulan saja menemukan benua baru, siapa saja juga bisa melakukan itu”. Mendengar hal tersebut kemudian Columbus menantang para orang yang iri tersebut. “Mari kita bertanding untuk membuktikan siapa yang terbaik. Barangsiapa yang bisa membuat telur-telur rebus berdiri diatas meja makan, maka ia orang yang terbaik dan semua gelar-kekayaanku akan kuserahkan kepadanya”. Orang-orang yang iri tersebut menerima tantangan Columbus.

Kemudian mereka berusha untuk membuat telur-telur rebus tersebut berdiri. Namun karena tekur adalah benda elips maka cukup mustahi untuk membuat telur tersebut berdiri. Akhirnya mereka pun menyerah. Kini tiba gilirian Columbus, dengan cerdik Columbus menekan ujung bawah telur sehingga menjadi remuk dan memipih (tidak lonjong lagi) sehingga telur tersebut bisa berdiri tegak di atas meja. Melihat hal tersebutorang-orang yang iri dengan sinis berkata “ah kalau caranya begitu kami juga bisa”. Dengan bijak sambil tersenyum Columbus berkata “Kalau begitu mengapa kamu tidak melakukannnya”.

Cerita di atas hendak memberitahukan kita bahwa Kesuksesan dan keberhasilan berasal dari suatu tindakan nyata atas gagasan.

Columbus dan beberapa orang pada masa itu mempunyai gagasan bahwa buni itu bulat. Teori itu bertentangan dengan kepercayaan pada saat itu yang menyatakan bahwa bumi itu datar. Ketika Columbus mengutarakan niatnya untuk mengadakan ekspedisi lautan, banyak orang termasuk keluarganya mengatakan bahwa ia gila. Namun Columbus tetap Teguh dan gigih pada pendiriannya.

Seringkali kita menemukan orang atau bahkan diri kita juga mengalaminya yaitu kita mempunyai gagasan/ide/atau konsep namun terlalu takut untuk mewujudkannya dalam sebuah aksi nyata, dan akhirnya ide itu hanya menjadi semu.

Ketakutan atas kegagalan, penilaian orang lain, penderitaan dan sebagainya membuat kita terhalang untuk menemukan kesuksesan. Ketakutan ini pula yang terkadang membuat kita merasa iri dengan kesuksesan orang lain. Kita sering berkata miring dengan kesuksesan orang lain “ Ah…. Dia sih cuma beruntung aja… aku pun bisa melakukannya”.

Posted on March 14, 2012, in Motivasi. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PradanaNusantara

writing is an art of giving

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

a journey to live a personal legend

But the secret in life is to fall seven times, and rise up eight times

rossaochana

Just another WordPress.com site

Wonojatun - weje26

Saya menulis ketika ingin dan tak ingin, menerjemahkan rasa pada deretan kata.

Jejak Hidayat Nur Wahid

Manusia biasa dihadapan-Nya

Catatan Pemikir Bodoh

krauk-krauk, nyam-nyam...^^

Ladang Pikiran

Learn | People | Nation | Travel | Hobbies | Economics | Agriculture | Insight | Photography | Journey | Personal Life | Thought

dinie hz

ada ilmu yang disimpan dan dibagikan di sini

Cerita Mitra Masyarakat Mandiri

Empowerment l Synergy l Partnership

iko15

Just another WordPress.com site

Ahmadchairullah's Blog

Just another WordPress.com site

Akusmayadi's Weblog

Just another WordPress.com weblog

pelukissenja

Just another WordPress.com site

Anriani's Blog

Just another WordPress.com site

Ginantaka's Blog

Just another WordPress.com site

Hidayat Wali

think globally, act locally, seem ecologically

gmjeep

Just another WordPress.com site

Ariawiyana

Lihat, Dengar, Rasakan

Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

%d bloggers like this: