Yuk Jadi Manusia Pembelajar

Saya sangat tertarik dengan sebuah hadis yang berbunyi ” belajarlah kamu dari buaian hingga ke liang lahat”. Waw luar bisa kalau kita maknai dalam-dalam isi dari hadis tersebut, manusia adalah makhluk yang senantiasa belajar dan istilah belajar yang dimaksudkan sangatlah luas. Mengutip dari buku Brain ware leadership mastery karya Taufik Bahaudin, pembelajaran adalah suatu proses yang akan membuat seseorang berubah menjadi lebih baik, nah dapat disimpulkan bahwa belajar sangat erat sekali dengan perubahan.

Pembelajaran merupakan sebuah proses yang menuntut pengorbanan dari diri sendiri berupa kerja keras melalu berbagai upaya yang harus dilakukan. Proses pembelajaran ini tidak hanya menjadikan kita “tahu”, tetapi harus membuat kita “mau” dan “mampu” untuk menerapkannya pada perilaku kita.

Ada sebuah contoh menarik yang sering terjadi dan banyak kita alami. Ketika misalnya kita menghadiri sebuah acara seminar motivasi atau ceramah keagamaan, setelah keluar dari tempat acara, kita benar-benar termotivasi, punya semangat yang tinggi untuk berubah. Sehari dua hari semangat itu masih terasa tapi setelah 1 minggu, 2 minggu, banyak dari kita yang kembali ke kebiasaan sebelumnya. Sama seperti dulu alias tidak berubah.

Pertanyaan besar adalah mengapa hal itu bisa terjadi?. Simpelnya untuk menjawab hal tersebut adalah karena tidak terjadi learning process pada orang tersebut. Untuk membangun seseorang menjadi seorang pembelajar setidaknya ada dua hal yang harus dibangun yaitu mental pembelajar dan perilaku pembelajar.

Mental pembelajaran merupakan sebuah proses yang tidak terlihat yang terjadi pada otak kita. Sebenarnya membangun mental pembelajaran ini dapat begitu mudah bagi seseorang tapi dapat begitu sulit juga untuk orang lain. Ada tiga tahap dalam membangun mental pembelajaran ini yaitu: Membangun penyadaran diri (self awareness), membangun penerimaan diri (self acceptance), dan membangun dorongan diri untuk meningkat (self improvement).

Penyadaran diri merupakan tahap pertama, hal ini cukup mudah untuk dilakukan karena kita hanya membutuhkan informasi yang bersifat rasional dari berbagai sumber bisa dari orang lain, membaca buku, mengikuti seminar motivasi dll. jadi asalkan seseorang mau menggunakan nalarnya hal ini bisa ia capai.

Tantangan sebenarnya dalam membangun mental pembelajaran ada pada “penerimaan diri”. Pada tahap ini seseorang dituntut untuk menerima dan mengakui secara jujur dan tulus bahwa ia memang memiliki kekurangan yang harus di ubah. Kendala terbesar dalam tahap ini adalah bila secara emosional dia tidak mau menerima dan mengakui adanya kekurangan pada dirinya yang harus diatasi dan menuntutnya untuk berubah. Nah ini dia sebenarnya faktor utama kenapa banyak orang gagal untuk berubah.

Seseorang yang telah memiliki mental pembelajaran akan merasa nyaman saja bila di tahu bahwa dia memiliki kekurangan dan dia harus berubah untuk mengatasinya. Tapi untuk mereka yang belum memiliki mental pembelajaran mereka akan merasa terganggu secara emosionl biasanya berupa rasa malu, marah, tidak terima yang akan menghambatnya untuk berubah.

Membangun mental pembalaja merupakan sebuah perkara yang mudah tapi kadang sangat sulit. Maka kenalilah dirimu sendiri, bersikaplah jujur terhadap dirimu sendiri, dan niatkan dalam hati bahwa saya harus terus berusaha untuk lebih baik lagi.

Posted on June 5, 2011, in Motivasi. Bookmark the permalink. 1 Comment.

  1. mau comment apa ya..?
    yang pasti keren + inspiring banget bagi orang2 yang sudah membacanya, terutama bagi saya..
    semoga tulisannya bisa bermanfaat untuk orang banyak (amiin) so lanjutkan!!!!

    -hamasah-🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PradanaNusantara

writing is an art of giving

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

a journey to live a personal legend

But the secret in life is to fall seven times, and rise up eight times

rossaochana

Just another WordPress.com site

Wonojatun - weje26

Saya menulis ketika ingin dan tak ingin, menerjemahkan rasa pada deretan kata.

Jejak Hidayat Nur Wahid

Manusia biasa dihadapan-Nya

Catatan Pemikir Bodoh

krauk-krauk, nyam-nyam...^^

Ladang Pikiran

Learn | People | Nation | Travel | Hobbies | Economics | Agriculture | Insight | Photography | Journey | Personal Life | Thought

dinie hz

ada ilmu yang disimpan dan dibagikan di sini

Cerita Mitra Masyarakat Mandiri

Empowerment l Synergy l Partnership

iko15

Just another WordPress.com site

Ahmadchairullah's Blog

Just another WordPress.com site

Akusmayadi's Weblog

Just another WordPress.com weblog

pelukissenja

Just another WordPress.com site

Anriani's Blog

Just another WordPress.com site

Ginantaka's Blog

Just another WordPress.com site

Hidayat Wali

think globally, act locally, seem ecologically

gmjeep

Just another WordPress.com site

Ariawiyana

Lihat, Dengar, Rasakan

Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

%d bloggers like this: