Visionary Leader

Seorang pemimpin visioner tidak terpaku pada keberhasilan masa kini, melainkan harus bisa merancang strategi di masa depan. Bagaimana caranya ?

Para pengikut umumnya ingin pemimpin mereka menjadi seseorang yang berorientasi ke depan, memiliki visi atau arah jangka panjang. Namun, perhatian yang cenderung didedikasikan manajemen senior untuk membangun perspektif kolektif mengenai masa depan sangatlah tidak mencukupi. Para pemimpin perlu menjadi proaktif dalam berpikir mengenai masa depan, dan keharusan ini meningkat seiring dengan peningkatan ruang lingkup dan besamya tanggung jawab mereka. Secara alamiah, semua peran membutuhkan perhatian kepada saat ini dan masa depan; hanya perbandingan besar perhatian antara keduanya saja yang beragam.

Ketika seorang pemimpin memiliki peran strategis seperti peran dimiliki oleh CEO, presiden atau ilmuwan peneliti, orientasi waktunya akan lebih panjang dan ia akan lebih berorientasi pada masa depan dibandingkan dengan pemimpin yang memiliki peran yang lebih taktis. Contohnya adalah pengawas produksi atau manajer operasional.sebagaimana aturan ibu jari, kita percaya bahwa sebagian besar pemimpin perlu menetapkan tujuan bagi diri mereka, yaitu mengembangkan kemampuan mereka melihat masa depan, setidaknya lima hingga tujuh tahun ke depan. Di tingkat yang lebih senior, setidaknya sepuluh tahun ke depan, dan pemimpin eksekutif yang bertanggung jawab atas keseluruhan organisasi di lingkup nasional maupun internasional harus melihat lebih jauh dari dua puluh tahun ke depan.

Visi adalah refleksi dari kepercayaan dan asumsi dasar kita mengenai sifat alamiah manusia, teknologi, ekonomi, ilmu pengetahuan, politik, seni dan etika. Dua pemimpin dalam satu organisasi mungkin memiliki pengalaman dan peluang yang serupa namun mereka bisa saja memiliki visi mengenai masa depan organisasi yang berbeda. Mengapa? Karena mereka mungkin bertindak berdasarkan premis atau logika yang berbeda, visi mengenai cara kerja dunia yang berbeda.

Visi adalah penyataan mengenai tujuan, mengenai akhir dari usaha kita, karenanya visi berorientasi pada masa depan dan direalisasikan dalam jangka waktu yang berbeda. Mungkin dibutuhkan waktu tiga tahun dari saat kita memutuskan untuk mendaki gunung sampai kita benar-benar mencapai puncaknya. Mungkin dibutuhkan waktu satu dekade untuk membangun sebuah perusahaan, seabad untuk menumbuhkan pohon-pohon di hutan, dan satu generasi untuk memberi kebebasan pada manusia.

Bagi para pemimpin sebuah komunitas yang memimpikan lingkungan yang sangat aman dari kriminalitas sehingga anak-anak dapat kembali berjalan sendirian ke toko di pojok jalan, aspirasinya mungkim membutuhkan waktu seumur hidup untuk dapat tercapai. Initinya adalah bahwa para pemimpin harus berpikir mengenai masa depan dan mampu memproyeksikan diri mereka mendahului waktu.

Peran visi yang paling penting dalam kehidupan organisasi adalah untuk memberikan fokus kepada energi manusia. Untuk memungkinkan setiap orang peduli kepada perusahaan sehingga dapat melihat dengan lebih jelas apa yang ada di depan mereka, para pemimpin harus memiliki dan mengutarakan sebuah fokus.

Kebalikannya, bayangkan bagaimana perasaan Anda jika Anda harus melihat slide show di saat proyektor yang digunakan tidak fokus dan gambar-gambarnya kabur, buram, dan tidak jelas. Reaksi yang muncul sudah dapat diprediksi dari awal. Orang-orang mengekspresikan rasa frustasi, tidak sabar, kebingungan, marah bahkan pusing. Mereka menghindari situasi tersebut dengan menoleh ke arah lain. Ada pula yang berinisiatif untuk mengatur fokus proyektor sendiri. Mereka tetap merasa terganggu karena orang yang memegang tombol dan mestinya mengatur fokus tidak menjalankan tugasnya dengan baik.

Tugas seorang pemimpin adalah menjaga agar proyektor tetap fokus, menjaga agar keseluruhan gambar, yaitu keseluruhan tujuan atau visi organisasi jelas terlihat. Hal ini memungkinkan orang untuk memiliki gambaran yang jelas mengenai seperti apa bentuk masa depan, ketika semua orang telah menambahkan potongan-potongan gambar mereka sendiri. Dengan pemikiran seperti itu, mereka dapat memberikan kontribusi kepada keseluruhan gambaran tersebut secara efisien dan dengan rasa percaya diri.

Apakah Anda sedang memimpin departemen kecil yang beranggotakan sepuluh orang, organisasi besar yang beranggotakan sepuluh ribu orang, atau komunitas beranggotakan seratus ribu orang, visi bersama berfungsi untuk mengatur agenda serta memberi arah dan tujuan kepada kelompok Anda. Sebagai seorang pemimpin, Anda harus melihat ke masa depan dan kemudian menciptakan kondisi bagi yang lainnya untuk bersama-sama membangun visi bersama – visi yang didasari oleh gambaran-gambaran ideal dan unik mengenai masa depan bersama. Visi dapat bertahan selama bertahun-tahun dan membuat kita tetap memfokuskan masa depan. Dan jika visi ingin dibuat menarik bagi lebih banyak orang daripada hanya ditujukan bagi sebagian kecil orang, maka visi harus memiliki daya tarik bagi mereka yang memiliki kepentingan di dalamnya.

Pemimpin yang memfokuskan lensa dapat menginspirasikan orang lain untuk terlibat dalam usaha bersama. Beberapa langkah praktis berikut ini dapat membantu Anda meningkatkan kapasitas untuk melihat masa depan dan menjadi terbuka terhadap berbagai kepentingan:

1. Baca biografi seorang pemimpin visioner

Lihatlah daftar pemimpin bersejarah yang dikagumi. Pilih seseorang diantaranya untuk Anda ketahui lebih jauh. Baca buku tersebut kemudian baca buku lain mengenai orang-orang berikutnya yang ada dalam daftar Anda. Berikan perhatian khusus pada cerita yang disampaikan oleh pemimpin yang Anda kagumi. Seorang pemimpin visioner tidak akan menceritakan hal yang telah ada. Mereka senantiasa menciptakan cerita-cerita baru yang dapat menjadi pelajaran praktis bagi kita semua.

2. Ingat masa lalu Anda

Para pemimpin yang memiliki batasan waktu terpanjang adalah mereka yang memahami masa lalu mereka. Sebelum Anda mencoba menulis penyataan mengenai visi Anda, lihatlah ke masa lalu untuk mendapatkan pesan-pesan kunci mengenai arah yang telah Anda pilih dan masa depan yang Anda inginkan.

3. Tentukan sesuatu yang ingin Anda lakukan

Apakah Anda bekerja untuk melakukan sesuatu atau untuk sesuatu yang harus Anda lakukan? Jika jawaban Anda adalah untuk melakukan sesuatu, maka ambil selembar kertas dan tulis di bagian paling atas tentang apa yang ingin Anda capai. Kemudian buat sebuah daftar mengenai semua hal yang ingin Anda raih dalam pekerjaan Anda. Untuk setiap nomor, tanyakan pada diri sendiri mengapa menginginkan hal tersebut. Lakukan terus menerus sampai Anda kehilangan alasan.

4. Tulis sebuah artikel mengenai bagaimana Anda telah membuat perubahan
Respon Anda terhadap pertanyaan yang baru saja diberikan seharusnya dapat memberikan Anda beberapa petunjuk mengenai apa yang ingin Anda raih dalam hidup. Sekarang maju selangkah lagi ke depan. Bayangkan, saat ini adalah sepuluh tahun di masa depan dan Anda telah dipilih untuk menerima penghargaan Fifty in Fifty – pengakuan sebagai salah satu dari lima puluh orang yang telah berhasil membuat perubahan dalam lima puluh tahun terakhir. Kemudian tulislah artikel mengenai perubahan yang telah Anda lakukan.

5. Tulis pernyataan mengenai visi Anda

Kumpulkan semua informasi yang Anda peroleh dan tuliskan gambaran ideal dan unik Anda mengenai masa depan bagi diri Anda dan bagi organisasi Anda. Buat pernyataan singkat dalam satu kalimat.

6. Jadilah seseorang yang berjiwa modern

Seseorang yang berorientasi ke depan merupakan karakteristik khusus dalam kepemimpinan. Maka Anda perlu membaca, berpikir, berbincang-bincang mengenai pandangan jangka panjang, tidak hanya demi organisasi Anda secara spesifik tapi juga demi lingkungan di mana Anda beroperasi. Jadikan perihal menyisihkan waktu luang untuk mempelajari masa depan sebagai tanggung jawab Anda. Terdapat banyak buku dan sumber informasi lain yang tersedia untuk memperluas wawasan Anda.

7. Uji asumsi Anda

Asumsi adalah layar pikiran yang dapat mengembangkan maupun membatasi apa yang mungkin terjadi. Untuk menentukan validitas asumsi terhadap visi Anda, buat daftar yang antara lain menyangkut asumsi yang mendasari visi Anda, tanggapan orang lain yang memiliki asumsi yang berbeda, serta uji asumsi Anda dengan mencoba satu atau dua eksperimen.

8. Lakukan latihan dengan menggunakan visualisasi dan afirmasi

Setelah Anda memperjelas visi Anda, salah satu hal yang paling efektif yang dapat Anda lakukan untuk membantu Anda merealisasikannya adalah dengan melatih cara berpikir. Latihan cara berpikir ini digunakan secara luas dalam latihan olah raga untuk meningkatkan performasi fisik. Dengan memvisualisasikan diri Anda untuk melakukan gerakan secara sempurna atau meraih tujuan yang diinginkan, maka Anda meningkatkan peluang dalam membuat imajinasi menjadi realita.

Disarikan dari buku The Leadership Challenge karya Kouzes dan Posner, diterbikan oleh Penerbit Erlangga

Posted on February 20, 2011, in Manajemen. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PradanaNusantara

writing is an art of giving

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

a journey to live a personal legend

But the secret in life is to fall seven times, and rise up eight times

rossaochana

Just another WordPress.com site

Wonojatun - weje26

Saya menulis ketika ingin dan tak ingin, menerjemahkan rasa pada deretan kata.

Jejak Hidayat Nur Wahid

Manusia biasa dihadapan-Nya

Catatan Pemikir Bodoh

krauk-krauk, nyam-nyam...^^

Ladang Pikiran

Learn | People | Nation | Travel | Hobbies | Economics | Agriculture | Insight | Photography | Journey | Personal Life | Thought

dinie hz

ada ilmu yang disimpan dan dibagikan di sini

Cerita Mitra Masyarakat Mandiri

Empowerment l Synergy l Partnership

iko15

Just another WordPress.com site

Ahmadchairullah's Blog

Just another WordPress.com site

Akusmayadi's Weblog

Just another WordPress.com weblog

pelukissenja

Just another WordPress.com site

Anriani's Blog

Just another WordPress.com site

Ginantaka's Blog

Just another WordPress.com site

Hidayat Wali

think globally, act locally, seem ecologically

gmjeep

Just another WordPress.com site

Ariawiyana

Lihat, Dengar, Rasakan

Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

%d bloggers like this: