Leader Driven Enterprise

Pemimpin adalah jantung kesuksesan sebuah organisasi. begitu banyak penelitian mengkonfirmasi hal ini. Penelitian-penelitian itu secara meyakinkan menyimpulkan bahwa organisasi yang kokoh dan sustainable selalu didukung oleh para pemimpin yang mumpuni. para pemimpin tidak hanya terkonsentrasi di jajaran puncak organisasi, tapi collective leaders yang tersebar merata di seluruh tingkatan organisasi. Bahkan ada seorang pakar kepemimpinan yang mengatakan bahwa tugas hakiki organisasi adalah menjadi “pabrik pemimpin”, memproduksi sebanyak mungkin pemimpin di seluruh bagian organisasi. Organisasi yang demikian selanjutnya disebut sebagai leader driven enterprise.

Karena kenyataan tersebut menjadi jelaslah bahwa tugas tersesar seorang pemimpin adalah menciptakan sebanyak mungkin pemimpin lain di berbagai bagian organisasi, dimana para pemimpin tersebut bekerja secara bersama-sama membentuk semacam orkestra yang begitu rapi dan harmonis. Mereka semua membentuk sebuah collective leadership yang solid dalam menjalankan visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan.

Leader driven enterprise memiliki mindset dan landasan berpikir bahwa setiap orang didalam organisasi dipandang sebagai seorang pemimpin. dari sinilah empowerment akan muncul di setiap level organisasi, dari atas sampai ke bawah. Dan kalau ini terjadi tenaga yang maha hebat akan muncul di dalam organisasi tersebut. Tenaga yang akan menggerakan organisasi mencapai kinerja yang luar biasa. Untuk menciptakan leader driven enterprise ini syaratnya dalah organisasi harus mampu menciptakan pemimpin sebanyak mungkin di seluruh level organisasi.

Untuk itu seorang pemimpin harus memiliki beberapa kapasitas yang menjadi prasyarat agar mampu menciptakan collective leaders diantaranya: pertama, visioner, yaitu pemimpin harus memiliki gambaran dan format yang teramat jelas mengenai organisasinya dalam jangka panjang. Kedua adalah integritas dan kredibilitas yang merupakan prasyarat bagi si pemimpin untuk menjadi panutan (role model). Ketiga adalah pembangkit semanagt dan tenaga dan sebagai sumber inspirasi bagai followernya. Keempat adalah leader creator yaitu kapasitas untuk menciptakan pemimpin lainnya di berbagai lapisan organisasi…

Bersambung….

Ditulis dari buku Making The Giant Leap karya Stanley S. Atmadja

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s