SEGMENTATION (Lihatlah pasar secara kreatif)

SEGMENTATION… Secara sederhana segmentasi dapat didefinisikan sebagai proses untuk membagi-bagi pasar ke dalam beberapa segmen. Hermanwan kertajaya dalam buku seri marketingnya mengatakan bahwa segmentasi adalah sebuah metode bagaimana melihat pasar secara kreatif. Artinya anda perlu melihat segmentasi sebagai seni untuk mengidentifikasi dan memanfaatkan beragam peluang yang muncul di pasar. Dengan segmentasi yang tepat anda dapat menempatkan sumber daya anda sesuai dengan segmen-segmen pasar yang telah didentifikasi.

Agar anda bisa kreatif dalam melakukan segmentasi, terlebih dahulu anda perlu memperhatikan beberapa peranan dari segmentasi.

1. Segmentasi memungkinkan kita untuk lebih fokus. Dalam hal ini kita akan semakin mudah dan jelas dalam mengalokasikan sumber daya. Anda juga akan semakin fokus ke pasar sesuai dengan keunggulan kompetitif perusahaan anda
2. Segmentasi memungkinkan anda mendapatkan insight mengenai peta kompetisi dan posisi pasar.
3. Segmentasi merupakan basis untuk memudahkan anda masuk ke langkah-langkah berikutnya, seperti positioning, diffrentiation, dan branding. Bila kurang tepat dalam melakukan segmentasi dapat dipastikan anda akan mengalami kesulitan langkah-langkah selanjutnya
4. Segmentasi merupakan faktor kunci untuk mengalahken pesaing dengan memandang pasar dari sudut yang unik dan cara yang berbeda.

Terdapat bebrapa cara dalam memandang pasar yaitu static attribute segmentation, dynamic attribute segmentation, dan individual segmentation. Static attribute segmentation adalah sehmentasi berdasarkan geografis dan demografis. Berdasarkan geografis berarti anda melihat pasar berdasarkan wilayah seperti negara, provinsi, kota, desa. Sementara berdasarkan demografis berarti anda mencermati pasar dari segi jenis kelamin, usia, pekerjaan, agama, pendidikan, jumlah penduduk.

Dynamic attribute segmentation
merupakan cara memandang pasar berdasarkan sifat-sifat dinamis yang mencerminkan karakter manusia, seperti kebiasaan, sifat, perilaku, dan gaya hidup (life style). Segmentasi dengan cara ini benar-benar menyentuh ke sisi yang lebih dalam dari keputusan sesorang dalam melakukan pembelian.

Sementara itu individual segmentation memandang pasar secara lebih personal. Pada masa lalu individual segmentation sangat sulit untuk dilakukan karena infrastruktur belum memadai, tetapi sekarang dengan hadirnya internet hambatan itu dapat diatasi. Individual segmentation ini banyak dilakukan oleh perusahaan yang berbasis internet.

Memasuki era dimana dunia sudah tidak ada batasnya lagi, segmentasi berdasarkan atribut-atribut dinamis dan individual merupakan hal yang sangat tepat. Di era dimana informasi berkembang ke seluruh penjuru dunia dan setiap orang bebas untuk berekspresi dan bergaya maka batasan geografis nampaknya sudah tidak cocok lagi karena life style di satu tempat kini dengan mudahnya dapat menyebar dan diikuti ditempat-tempat lainnya.

Maka perusahaan yang mampu memandang pasar secara kreatif dalam melakukan segmentasi lah yang akan mampu memanangkan persaingan karena segmentai merupakan langkah awal untuk membuat dan mengaplikasikan konsep-konsep pemasaran lainnya.

Posted on February 12, 2011, in Manajemen. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PradanaNusantara

writing is an art of giving

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

a journey to live a personal legend

But the secret in life is to fall seven times, and rise up eight times

rossaochana

Just another WordPress.com site

Wonojatun - weje26

Saya menulis ketika ingin dan tak ingin, menerjemahkan rasa pada deretan kata.

Jejak Hidayat Nur Wahid

Manusia biasa dihadapan-Nya

Catatan Pemikir Bodoh

krauk-krauk, nyam-nyam...^^

Ladang Pikiran

Learn | People | Nation | Travel | Hobbies | Economics | Agriculture | Insight | Photography | Journey | Personal Life | Thought

dinie hz

ada ilmu yang disimpan dan dibagikan di sini

Cerita Mitra Masyarakat Mandiri

Empowerment l Synergy l Partnership

iko15

Just another WordPress.com site

Ahmadchairullah's Blog

Just another WordPress.com site

Akusmayadi's Weblog

Just another WordPress.com weblog

pelukissenja

Just another WordPress.com site

Anriani's Blog

Just another WordPress.com site

Ginantaka's Blog

Just another WordPress.com site

Hidayat Wali

think globally, act locally, seem ecologically

gmjeep

Just another WordPress.com site

Ariawiyana

Lihat, Dengar, Rasakan

Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

%d bloggers like this: