MARKETING MIX (Intergasikan product, price, promotion, dan place)

MARKETING MIX.. sebuah istilah yang sangat populer di dunia pemasaran. Istilah yang dipopulerkan oleh Jarome McCarty ini terdiri atas empat elemen didalamnya yaitu product, price, promotion, dan place sehingga sering disebut sebagai 4P.Banyak orang mengatakan bahwa marketing mix telah membahas pemasaran secara keseluruhan mulai dari bagaimana anda menciptakan sebuah produk, menetapkan harganya, sampai bagaimana berpromosi dan dimana tempat distribusinya. Namun apakah benar pendapat tersebut? Sebenarnya marketing mix merupakan salah satu bagian dari konsep pemasaran yang luas. Jika anda sudah lebih dalam mempelajari marketing, maka anda akan menemuka beberapa istilah lainnya seperti service, differentiation, branding, selling …dll.

Marketing mix merupakan sebuah taktik untuk mengintergrasikan penawaran dan akses. Penawaran terdiri dari product dan price sementara akses terdiri dari promotion dan place. Dengan marketing mix anda tidak hanya perlu menciptakan produk yang menaraik dengan harga yang kompetitif, lebih dari itu anda harus mampu membuat cara berpromosi yang baik dan menyediakan sarana distribusi yang memadai.

Pengintergrasian ini penting karena marketing mix merupakan sebuah aspek yang paling terlihat (tangible) dari perusahaan dan aktivitas pemasarannya. Jangan sampai anda membuat produk yang bagus tetapi tidak mampu mengkomunikasikannya ke konsumen dan jangan sampai pula pengkomunikasiannya bagus namun produk anda sulit dicari oleh konsumen.

Ambillah contoh dari apa yang dilakukan oleh Coca-Cola. Coca-cola sangat dikenal dengan inovasi produknya, salah satu contonya adalah kehadiran frestea. Dari segi produk sesungguhnya frestea dapat bersaing dengan merek-merak lain yang telah ada dipasaran, namun Coca-cola sadar kalau hanya mengandalkan produk yang bagus dan harga yang kompetetif mereka akan sulit memenangkan persaingan. Karena itu Coca-cola melakukan promosi yang gencar dan menggunakan keunggulan saluran distribusi yang dimilikinya yang bahkan mampu menjangkau warung-warung kecil. Maka dalam waktu singkat frestea mampu bersaing dengan merek-merek lainnya.

Terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan dalam strategi marketing mix ini. Dalam pembuatan produk hendaknya kita mampu mendeliver values dan character dari produk kita jangan hanya meniru produk lain yang sukses, differentiation dan positioning sangatlah diperlukan. Memasuki era new wave marketing ini sangatlah penting melibatkan customer dalam creation product, sehingga konsep co-creation adalah hal yang sangat penting di era marketing sekarang dan kedepan.

Dalam penentuan harga, haruslah diperhatikan jangan sampai anda terjebak dengan harga yang terlalu murah ataupun terlalu mahal. Kenali dengansangat dalam segmen pasar anda dan produk anda sendiri, hal ini penting dalam penentuan harga. Harga dapat mencerminkan produk dan perusahaan anda, maka anda haruslah sangat tepat dalam menetukan harga ini.

Dalam berpromosi konsep integrated promotion haruslah dikedepankan. Namun ada satu bentuk promosi yang sangat murah-meriah yang biasanya kita lupakan yaitu word of mouth communication (WOM) atau storytelling. Bayangkan orang-orang secara sukarela menpromosikan produk anda kepada orang lain dan dahsyatnya cerita dari orang inilah yang sebenarnya sangat berpengaruh besar dalam pengambilan keputusan membeli sebuah produk.

Saluran distribusi yang mampu menjangkau berbagi pelosok nusantara memang sangat penting, namuan yang paling penting adalah bagaimana anda mampu menjangkau segmen yang benar-benar anda tuju. Hal ini penting untuk menekan biaya karena pembuka chanell distribusi yang banyak membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Intergrasikanlah product, price, promotion, dan place dari produk anda maka anda telah membuat taktik pemasaran yang tepat, namun perlu diingat marketing bukanlah hanya marketing mix masih banyak konsep marketing lainnya yang harus anda pelajari dan aplikasikan..

Posted on February 12, 2011, in Manajemen. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PradanaNusantara

writing is an art of giving

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

a journey to live a personal legend

But the secret in life is to fall seven times, and rise up eight times

rossaochana

Just another WordPress.com site

Wonojatun - weje26

Saya menulis ketika ingin dan tak ingin, menerjemahkan rasa pada deretan kata.

Jejak Hidayat Nur Wahid

Manusia biasa dihadapan-Nya

Catatan Pemikir Bodoh

krauk-krauk, nyam-nyam...^^

Ladang Pikiran

Learn | People | Nation | Travel | Hobbies | Economics | Agriculture | Insight | Photography | Journey | Personal Life | Thought

dinie hz

ada ilmu yang disimpan dan dibagikan di sini

Cerita Mitra Masyarakat Mandiri

Empowerment l Synergy l Partnership

iko15

Just another WordPress.com site

Ahmadchairullah's Blog

Just another WordPress.com site

Akusmayadi's Weblog

Just another WordPress.com weblog

pelukissenja

Just another WordPress.com site

Anriani's Blog

Just another WordPress.com site

Ginantaka's Blog

Just another WordPress.com site

Hidayat Wali

think globally, act locally, seem ecologically

gmjeep

Just another WordPress.com site

Ariawiyana

Lihat, Dengar, Rasakan

Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

%d bloggers like this: