Giant Leap Organization

Organisasi merupakan sebuah entitas yang sangat unik dalam kehidupan manusia sehari-hari. Organisasi dapat berupa sebuah entitas yang sangat sederhana seperti kelompok pertemanan ataupun kelompok belajar, sampai sebuah entitas yang sangat kompleks seperti korporasi bisnis raksasa bahkan sebuah negara. Satu hal yang selalu menarik untuk dicermati dari sebuah organisasi adalah bagaimana sebuah organisasi mampu menciptakan kinerja luar biasa (extraordinary) secara konsisten dan sustainable. Untuk organisasi bisnis (perusahan) pertanyaan yang lebih tepat adalah apa rahasis kesuksesan perusahaan-perusahaan besar di dunia?

Banyak pakar mengenai manajemen dan organisasi melakukan penelitian untuk mencari jawaban tersebut. pada tahun 1982 Tom Petres dan Robert Waterman dalam buku klasiknya in search of excellence yang terkenal dengan 7S menyatakan bahwa strategy, structure, system, style, staff, shared values, dan skill memegang peranan kunci dalam kesuksesan sebuah perusahaan. tahun 1995 Jim Collins dan Jerry Porras dalam Built to Last menyatakan bahwa core values dan purpose merupakan komponen terpenting agar organisasi mampu bertahan dan sustainable dala jangka panjang. Sementra itu Joyce-Nohria-Roberson menyebutkan kesuksesan itu terletak pada empat faktor inti (primary business practices) yaitu strategy, execution, culture, structure dan empat faktor tambahan (secondary business practices) yaitu talent, leadership, innovation, dan merger & partnership.

Stanly S. Atmadja (Founder & CEO Adira Finance) dalam bukunya Making the Giant Leap (2009) mengatakan bahwa terdapat enam kunci untuk sebuah organisasi mejadi sebuah organisasi yang mampu menghasilkan lompatan kinerja yang konsisten dan sustainable yang Ia sebut dengan Gian Leap Organization, yaitu: Leader-driven enterprise (Kepemimpinan), Managing by values (Nilai-nilai), The power of team synergy (sinergi tim), People-focuse execution (eksekusi), Winning spirit (semangat pemenang), Human empathy.

Apabila ditarik sebuah kesimpulan utama dari riset yang dilakukan oleh para ahli tersebut, maka akan didapatkan sebah jawaban yang sangat meyakinkan tentang pertanyaan dibalik rahasia sukses perusahaan-perusahaan. jawaban tersebut adalah Orang (People). Tidak bisa kita pungkiri bahwa nilai-niali dan budaya perusahaan, strategi bisnis, eksekusi yang mantap, sistem yang dibangun, tools manajemen, struktur organisasi memegang peranan penting dalam kesuksesan sebuah organisasi. Tapi dibalik itu semua oranglah penggerak utama dari komponen-komponen tersebut. Sehingga dapatlah dikatakan bahwa Extraordinary & sustainability performance organization bisa diwujudkan jika pengelolaan organisasi tersebut berpusat pada sumber daya manusia (human-centred organization)

Disamping people sebagai faktor utama, terdapat beberapa eleman yang sangat penting dari sebuah organisasi. Untuk menyatakan elemen-eleman ini, saya menggunakan model yang dikemukakan oleh Stanly S. Atmadja dalam bukunya Making the Giant Leap yaitu: Kepemimpinan, nilai-nilai dan budaya perusahaan, sinergi tim, strategi-eksekusi, spirit dan paradigma pemenang, dan human empathy (balance life organization). …. “Bersambung”

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s