Marketing 3.0 (introduction)

Dalam buku marketing 3.0 yang ditulis oleh Philip Kotler bersama Hermawan Kertajaya dan Iwan Setiawan, dikatakan bahwa sekarang ini perusahaan tidak cukup lagi hanya sekedar menjual produk dan jasa yang bagus, tetapi harus juga menjual visi, kisi, dan values dari perusahaan tersebut. Visi adalah apa yang ingin perusahaan tersebut capai, misi adalah apa yang perusahaan tersebut lakukan atau tawarkan, sementara values adalah dasar keperibadian dari perusahaan tersebut.

Di era sekarang ini, visi, misi, dan values harus bisa menyentuh mind, heart, dan spirit. Menyentuh mind artinya bersifat rasional, menyentuh heart artinya bersifat emosional, dan menyentuh spirit artinya mampu membangun motivasi dan semangat terdalam dari seseorang.

Visi itu untuk shareholders. Kalau visi anda hanya untuk mencetak profit jangka pendek maka anda hanya mencapai level mind. kalau visi anda untuk kelangsungan jangka menengah saja 3-5 tahun misalnya maka lavel anda hanya ada di heart. Tetapi jika anda mempunyai visi jangka panjang dan sustainable maka anda berada pada level spirit.

Misi itu untuk customer, kalau misi anda hanya untuk deliver satisfaction membuat produk yang memuaskan maka anda hanya akan menyentuh mind. Tapi kalau anda mampu membuat produk dengan brand sensasional seperti harley-Davidson maka anda akan mampu menyentuh heart dari customer. Sementara jika anda mampu membuat brand anda bermanfaat untuk orang banyak seperti yang dilakukan oleh The Body Shop maka anda mampu menyentuh level spirit dari customer anda.

Values adalah keperibadian dari perusahaan anda. Hendaknyalah nilai-nilai dari perusahaan anda tidak hanya mampu membangkitkan kebanggaan, kecintaan, dan emosi dari seluruh steakholder perusahaan anda, tapi juga mampu untuk membangkitkan spirit dari seluruh jajaran di perusahaan anda. karena dengan spirit ini sumber motivasi terdalam muncul. Kalau sudah muncul, kekuatannya akan sangat luar bisa.

Posted on February 3, 2011, in Manajemen. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PradanaNusantara

writing is an art of giving

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

a journey to live a personal legend

But the secret in life is to fall seven times, and rise up eight times

rossaochana

Just another WordPress.com site

Wonojatun - weje26

Saya menulis ketika ingin dan tak ingin, menerjemahkan rasa pada deretan kata.

Jejak Hidayat Nur Wahid

Manusia biasa dihadapan-Nya

Catatan Pemikir Bodoh

krauk-krauk, nyam-nyam...^^

Ladang Pikiran

Learn | People | Nation | Travel | Hobbies | Economics | Agriculture | Insight | Photography | Journey | Personal Life | Thought

dinie hz

ada ilmu yang disimpan dan dibagikan di sini

Cerita Mitra Masyarakat Mandiri

Empowerment l Synergy l Partnership

iko15

Just another WordPress.com site

Ahmadchairullah's Blog

Just another WordPress.com site

Akusmayadi's Weblog

Just another WordPress.com weblog

pelukissenja

Just another WordPress.com site

Anriani's Blog

Just another WordPress.com site

Ginantaka's Blog

Just another WordPress.com site

Hidayat Wali

think globally, act locally, seem ecologically

gmjeep

Just another WordPress.com site

Ariawiyana

Lihat, Dengar, Rasakan

Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

%d bloggers like this: