Peran Teknologi Pertanian Sebagai Motor Penggerak Perekonoian Indonesia

Dewasa ini manusia tidak akan lepas dari perkembangan zaman yang semakin meningkat, salah-satu Dari perkembangan zaman ini adalah teknologi. Apikasi dari teknologi sendiri sangatlah beragam diberbagai bidang kehidupan manusia mulai dari informasi, transportasi bahkan sampai pada aspek yang sangat krusial dalam kehidupan manusia yaitu Pertanian.

Mencermati fenomena globalisasi yang terjadi sekarang ini, maka Pertanian Indonesia akan menghadapi ancaman-ancaman yang perlu diantisipasi, tetapi sekaligus juga mempunyai peluang untuk dimanfaatkan dengan baik. Ancaman dan peluang yang berkaitan dengan fenomena globalisasi ini perlu ditangapi secara positif. Tentunya salah satu factor penting yaitu dengan pemanfaatan dan penguasan teknologi pertanian yang handal.

Peran teknologi pertanian cukup menonjol untuk dapat memberikan driving force bagi pertumbuhan pembangan kususnya dibidang pertanian, untuk menahan ancaman-ancaman dan sekaligus peluang yang ditimbulkan dari fenomena globalisasi. Peran teknologi pertanian ini antara lain dalam usaha-usaha peningkatan dan penjaminan mutu, baik mutu produk (baik mutu gizi maupun fisik), kemasan, penampilan produk. Disamping itu pemilihan dan penggunaan teknologi secara tepat akan berpeluang untuk menekan biaya produksi, menekan harga jual, sehingga akan berpebgaruh meningkatkan daya saing.

Pemanfaatan dan penguasaan teknologi pertanian berhubungan langsung dengan peningkatan produktivitas dan nilai tambah. Produktifitas usaha padi yang ada di Indonesia baru sebesar 4,5 ton/ha, dapat dilipat gandakan menyamai produktivitas di Vietnam (8 ton/ha) dengan mengaplikasikan teknologi yang tepat. Selanjutnya penerapan teknologi yang memungkinkan industri minyak goring dan sepatu olah raga mengolahbahan baku CPO dan kulit hewan dapat menciptakan nilai tambah masing-masing sebesar 739 dan 1970 Milyar rupiah.

Kenyataan menunjukan setelah lama melaksanakan pembangunan, termasuk pemangunan sector pertania, kontribusi teknologi dalam produksi pertanian di Indonesia masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Bahkan dalam beberapa sub sector, seperti holtikultura telah terjadi negative trend baik dari segi jumlah maupun produktivitas. Hal ini terutama dikarenakan ketidakmantapannya program pembangunan teknologi pertanian yang ada. Secara keseluruhan dalam sector pertanian, maupun secara parsial di masing-masing sub sector tidak ditemukan adanya scenario pembangunan teknologi yang efektif dan berkesinambungan.

Disisi lain dukukgan pemerintah terutama untuk pendanaan kegiatan penelitian relatif sangat kecil. Dibandingkan dengan Negara ASEAN saja, anggaran yang disediakan pemerintah untuk penelitian dan aplkasi teknologi dibidang pertania jauh lebih kecil. Hal initentu sangat tidak kondusif bagi upaya peningkatan peran teknologi dalam pembangunan teknologi pertanian demi terciptanya pertanian yang tangguh dan berdaya saing. Dengan demikian, potensi teknlogi yang dipunyai Indonesia perlu lebih diarahkan pada bidang pertanian. Denga kata lain perlu dijadikan sebagai gambaran platform bagi pengembangan teknologi Indonesia,

Posted on September 7, 2010, in Pertanian dan Teknologi Pangan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PradanaNusantara

writing is an art of giving

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

a journey to live a personal legend

But the secret in life is to fall seven times, and rise up eight times

rossaochana

Just another WordPress.com site

Wonojatun - weje26

Saya menulis ketika ingin dan tak ingin, menerjemahkan rasa pada deretan kata.

Jejak Hidayat Nur Wahid

Manusia biasa dihadapan-Nya

Catatan Pemikir Bodoh

krauk-krauk, nyam-nyam...^^

Ladang Pikiran

Learn | People | Nation | Travel | Hobbies | Economics | Agriculture | Insight | Photography | Journey | Personal Life | Thought

dinie hz

ada ilmu yang disimpan dan dibagikan di sini

Cerita Mitra Masyarakat Mandiri

Empowerment l Synergy l Partnership

iko15

Just another WordPress.com site

Ahmadchairullah's Blog

Just another WordPress.com site

Akusmayadi's Weblog

Just another WordPress.com weblog

pelukissenja

Just another WordPress.com site

Anriani's Blog

Just another WordPress.com site

Ginantaka's Blog

Just another WordPress.com site

Hidayat Wali

think globally, act locally, seem ecologically

gmjeep

Just another WordPress.com site

Ariawiyana

Lihat, Dengar, Rasakan

Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

%d bloggers like this: