OPTIMALISASI PEMANFAATAN SUMBERDAYA ALAM DAN PENINGKATAN KUALITAS SUMBERDAYA MANUSIA MELALUI PEMBENTUKAN UNIT USAHA KELOMPOK TANI

Sumber daya alam merupakan faktor yang sangat penting dalam kelangsungan hidup manusia. Oleh karena itu pemanfaatan sumber daya alam harus dilakukan sebaik mungkin, tidak berlebihan dalam mengeksplorasinya namun mengoptimalkan sebaik mungkin sumber daya alam yang terseda. Dengan melakukan optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam yang tersedia maka pemenuhan kebutuhan masyarakat akan terpenuhi dan perusakan terhadap lingkungan dapat dicegah.

Pertanian merupakan salah satu sumber daya alam yang sangat potensial untuk dimanfaatkan, hal ini terbukti dengan pertanian masih merupakan salah satu mata pencaharian terbesar masyarakat Indonesia khususnya masyarakat di pedesaan. Selain sumber daya alam, faktor penting lainnya dalam kelangsungan hidup manusia adalah sumber daya manusia. Sumber daya manusia merupakan aktor utama dalam menentukan kesejahtraan masyarakat.

Pemanfaatan sumber daya alam di pedesaan masih belum optimal. Masyarakat pedesaan yang sebagian besar bekerja di sektor pertanian masih sangat tergantung terhadap hasil mentah dari pertanian itu. Mereka hanya menjual hasil mentah tanpa melakukan pengolahan, padahal jika dilakukan pengolahan, maka mereka akan mendapatkan nilai tambah dari produk tersebut.

Masyarakat pedesaan pun cenderung melakukan kegiatan pertanian dalam lingkup keluarga. Kerjasama di antara para petani masih jarang dilakukan, sehingga hasil dari pertaniannya sedikit dan tidak mampu memberikan kesejahtraan terhadap lingkungannya. Masyarakat pedesaan pun masih menggantungkan sebagian besar hidupnya pada hasil mentah produk pertanian, sehingga bila terjadi kegagalan panen atau hasil panen tidak memuaskan, maka penghasilan mereka berkurang secara signifikan. Padahal masih ada peluang-peluang dari sektor pertanian yang masih dapat dimanfatkan. Oleh karena itu tingkat kesejahtraan masyarakat pedesaan cenderung masih rendah.

Salah satu solusi untuk mengatasi permasalahan di atas adalah dengan melakukan optimalisasi pemanfaatan sumber daya alam bersamaan dengan upaya peningkatan kualitas sumber daya manusia masyarakat pedesaan. Salah satu upaya untuk melakukan optimalisasi itu adalah dengan dibentuknya suatu organisasi yang mampu mengelola dan memberikan nilai tambah terhadap hasil pertanian juga mampu untuk menciptakan kerjasama di antara para petani tersebut.

Bentuk dari organisasi tersebut adalah Unit Usaha Kelompok Tani. Dengan adanya Unit Usaha Kelompok Tani ini diharapkan pemanfaatan sumber daya alam khususnya di sektor pertanian dapat dilakukan secara optimal. Pada saat yang sama aspek sumber daya manusia pun dapat dioptimalkan dengan adanya kerjasama dan kreativitas dalam memanfaatkan sumber daya alam, sehingga kesejahtraan masyarakat desa dapat dicapai.

Hendaknya pemerintah melalui Deptan menggalakan program ini, walaupun memang telah dilakukan program pembinaan kelompok tani, namun dirasa dampaknya masih belum mengena karena yang dilakukan hanya pada segi budidaya saja. Pembinaan belum dilakukan terhadap aspek emosional dan spiritual dari para petani yakni motivasi dan peningkatan potensi SDM nya. Sehingga nilai tambahnya belum begitu terasa.

Posted on September 7, 2010, in Pertanian dan Teknologi Pangan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PradanaNusantara

writing is an art of giving

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

a journey to live a personal legend

But the secret in life is to fall seven times, and rise up eight times

rossaochana

Just another WordPress.com site

Wonojatun - weje26

Saya menulis ketika ingin dan tak ingin, menerjemahkan rasa pada deretan kata.

Jejak Hidayat Nur Wahid

Manusia biasa dihadapan-Nya

Catatan Pemikir Bodoh

krauk-krauk, nyam-nyam...^^

Ladang Pikiran

Learn | People | Nation | Travel | Hobbies | Economics | Agriculture | Insight | Photography | Journey | Personal Life | Thought

dinie hz

ada ilmu yang disimpan dan dibagikan di sini

Cerita Mitra Masyarakat Mandiri

Empowerment l Synergy l Partnership

iko15

Just another WordPress.com site

Ahmadchairullah's Blog

Just another WordPress.com site

Akusmayadi's Weblog

Just another WordPress.com weblog

pelukissenja

Just another WordPress.com site

Anriani's Blog

Just another WordPress.com site

Ginantaka's Blog

Just another WordPress.com site

Hidayat Wali

think globally, act locally, seem ecologically

gmjeep

Just another WordPress.com site

Ariawiyana

Lihat, Dengar, Rasakan

Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

%d bloggers like this: