Kebijakan Ketahanan Pangan dan Gizi ke Depan

Suatu Negara atau wilayah dikatakan mempunyai ketahanan pangan yang baik apabila mampu menyelenggarakan pasokan pangan yang stabil dan berkelanjutan bagi seluruh pebduduk. Ketahanan Pangan (food security) adalah suatu kondidi dimana semua orang, setiap waktu mempunyai akses fisik, social, dan ekonomi pada bahan pangan yang aman dan bergizi sehingga cukup untuk memenuhi kebutuha tubuh. Ketahanan pangan merupakan aspek yang sangat penting dalam mengukur derajat kemajuan suatu bangsa dan SDM nya.  Oleh karena itu ketahanan pangan ini perlu mendapatkan perhatian yang besar baik itu oleh masyarakat maupun pemerintah.

Pemerintah selaku wujud dari kekuasaan rakyat hendaknya memiliki kebijakan-kebijakan pangan yang relevan dengan kebutuhan masarakat. Kebijakan di bidang ketahanan pangan dan gizi merupakan bagian yan integral dari kebijakan pembangunan nasional. Secara khusus kebijakan ini diarahkan untuk mengatasi masalah dan tantangan yang dihadapi dalam mewujuskan ketahanan pangan, diantaranya: menjamin pasokan pangan yang stabil bagi seluruh penduduk dalam jumlah, mutu, diversifikasi, kandungan gizi, serta menjamin akses masyarakat dalam bentuk fisik sosial, maupun ekonomi.

Arahahan kebijakan pembangunan ketahanan pangan harus selaras dengan arahan pembangunan ekonomi nasional, yaitu:

  1. berorientasi global, sesuai dengan kemajuan teknologi. Teknologi telah memberikan sumbangan yang sangat besar bagi kemajuan pertanian, Pemanfaatan dan penguasaan teknologi pertanian berhubungan langsung dengan peningkatan produktivitas dan nilai tambah.
  2. Mengoptimalkan pemanfaatan sumberdaya lokal, baik berupa sumber daya alam , sumber daya manusia, ataupun kelembagaan, tidak dapat dipungkiri bahwa Indonesia memiliki Sumberdaya lokal yang melimpah baik iti berupa SDA maupun SDM. Hampir disetiap daerah memiliki makanan khas tradisional juga hasil alam yang khas di setiap daerahnya, ini merupakan potensi yang sangat besar dan harus dimanfatkan sebaik-baiknya. Selain itu jumlah penduduk Indonesia yang sangat banyak merupakan potensi tersendiri. Diperlukan suatu usaha dan komitmen bersama antara pemerintah pusat dan daerah untuk dapat memanfaatkan local indigenus ini.
  3. memberdayakan pengusaha kecil menengah dan koperasi agar lebih efisien, produktif, dan berdaya saing dengan menciptakan iklim usaha yang kondusif. Hal ini mengingat kenyataa yang kita hadapi bahwa unit usaha ini merupakan unit usaha terbesar di masyarakat. Namun karena usahanya yang berskala kecil, mereka akan dengan mudah kalah bersaing dengan perusahaan-perusahaan besar. Oleh karena itu pemberdayaan UKM dan koperasi sangatlah penting.
  4. Mengembangkan bisnis pangan dengan mengacu pada mekanisme pasar yang kompetitif. Bisnis dibidang pangan ini merupakan bisnis yang sangat penting dan tidak akan pernah mati ditelan zaman, peningkatan bisnis pangan dengan mekanisme pasar yang kompetotif akan memacu para pengusaha pangan untuk terus berproduksi dan meningkatkan kualitasnya baik dari hal jumlah, keamanan, gizi, dan distribusi. Sehingga dengan demikian akan memberikan keuntugan kepada konsumen yaitu masyarakat karena terjadinya peningkatan pangan dalam kualitas dan kuantitas.

Selain itu diperlukannya keseriusan dari pemerintah dalam mewujudkan ketahanan pangan ini demi pembangunan bangsa dan ketahanan nasional yang kuat. Kegiatan penelitian-penelitia harus lebih dioptimalkan, juga adanya kerjasama dengan universitas sebagai sentra pendidikan tinggi dan LSM-LSM harus lebih dioptimalkan.

Posted on September 7, 2010, in Pertanian dan Teknologi Pangan. Bookmark the permalink. Leave a comment.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

PradanaNusantara

writing is an art of giving

Catatan Dahlan Iskan

dahlaniskan.wordpress.com

a journey to live a personal legend

But the secret in life is to fall seven times, and rise up eight times

rossaochana

Just another WordPress.com site

Wonojatun - weje26

Saya menulis ketika ingin dan tak ingin, menerjemahkan rasa pada deretan kata.

Jejak Hidayat Nur Wahid

Manusia biasa dihadapan-Nya

Catatan Pemikir Bodoh

krauk-krauk, nyam-nyam...^^

Ladang Pikiran

Learn | People | Nation | Travel | Hobbies | Economics | Agriculture | Insight | Photography | Journey | Personal Life | Thought

dinie hz

ada ilmu yang disimpan dan dibagikan di sini

Cerita Mitra Masyarakat Mandiri

Empowerment l Synergy l Partnership

iko15

Just another WordPress.com site

Ahmadchairullah's Blog

Just another WordPress.com site

Akusmayadi's Weblog

Just another WordPress.com weblog

pelukissenja

Just another WordPress.com site

Anriani's Blog

Just another WordPress.com site

Ginantaka's Blog

Just another WordPress.com site

Hidayat Wali

think globally, act locally, seem ecologically

gmjeep

Just another WordPress.com site

Ariawiyana

Lihat, Dengar, Rasakan

Hendra EG "BAMaker" #BangkitMaju #BAMovement

Inspirator #BangkitMaju yang sarat pengalaman lapangan. Lantang berbicara, sebagai perpaduan akademisi dan praktisi. Menginspirasi dari kisah nyata kehidupan pribadinya. Hendra EG "BAMaker" siap membangunkan anda untuk BANGKIT dan MAJU menjadi lebih baik. Follow @HendraEG

%d bloggers like this: